12.03.2009

You as AuPair in Germany

pimp myspace profile

pimp myspace profile






Ardi Silaban pd perayaan ultah-nya.

Agar kamu lebih mengerti, program AuPair adalah program saling memberi dan menerima serta saling membantu antara kamu dan keluarga angkat kamu di Jerman. Jadi kalau kamu memang ingin mengikuti program ini, kamu harus menyadari hal-hal tersebut di atas.
Berikut ini hal-hal yang diberikan calon keluarga angkat di Jerman untuk kamu :

1. Gratis akomodasi dan makan.
Di rumah keluarga angkat, kamu akan mendapatkan kamar sendiri lengkap dengan perabotannya. Ada kamar mandi untuk kamu sendiri atau berbagi dengan anak-anak mereka. Biasanya di kamar juga ada tambahan fasilitas TV atau DVD-Player.

2. Gratis asuransi kesehatan dan kecelakaan. Keluarga angkat akan membayarkan asuransi kesehatan/kecelakaan kamu setiap bulan.

3. Gratis transportasi ke tempat kursus. Keluarga angkat akan memberikan kamu tiket transportasi (bus/trem/kereta api)ke tempat kursus.

4. Gratis kursus bahasa Jerman. Di Jerman, keluarga angkat kamu akan membayar kursus bahasa Jerman kamu. Disana kamu akan mengikuti kursus bahasa Jerman 1 x seminggu bersama para AuPair yang berasal dari berbagai negara. Kursus ini akan kamu ikuti selama setahun dan kamu mendapatkan sertifikat langsung dari Lembaga Kursus di Jerman.Harap diperhatikan, bhw ada keluarga angkat yg membayar kursus hanya 1 Semester,karena di setiap daerah beda tarif kursusnya, jd inipun tergantung negosiasi sebelum berangkat ke Jerman.

5. Kamu akan mendapatkan uang saku setiap bulan sebesar Euro 260,-/bln.

6. Keluarga angkat di Jerman akan membeli tiket kamu Jakarta-Frankfurt dan akan dipotong dari sebagian uang saku kamu selama 3 bulan pertama.

Sungguh luar biasa hal-hal yang akan kamu dapatkan dari keluarga angkat kamu nantinya. Hanya itu yang dapat kami jamin untukmu. Tetapi pada kenyataannya, para AuPair kami yang telah berada di Jerman mengatakan, mereka mendapatkan banyak hal lain lagi dari keluarga angkat mereka.

Tentu kamu juga harus memberikan imbalan atas segala fasilitas yang akan kamu dapatkan. Coba kamu bayangkan, kalau kamu kost di rumah suatu keluarga, kamu dapat kamar sendiri dan kamu bayar makan, apakah kamu tidak bantu-bantu pekerjaan rumahtangga yang ringan di rumah tersebut? Tentu saja ya! Kamu tidak diberikan asuransi, tidak dikursuskan bahasa asing dan boro-boro dikasih uang saku .....malah kamu yang harus bayar. Nah, ini beda. Coba perhatikan apa yang harus kamu berikan sebagai imbalan atas kebaikan mereka terhadapmu.

Kewajiban kamu terhadap keluarga angkat kamu :

1. Membantu dalam mengasuh anak atau anak-anak mereka. Kamu disana bukan baby sitter yg hanya menjaga anak2, tetapi kamu diwajibkan menjadi kakak angkat mereka, jd kamu harus mempunyai ikatan emosional dgn mereka. Makanya kamu harus benar2 mampu beradaptasi dengan anak-anak.

2. Membantu dalam pekerjaan rumahtangga yang ringan. Dibandingkan di Indonesia, tugas rumah tangga di Jerman itu lebih mudah, hanya terasa lebih berat karena disana dituntut disiplin yang tinggi dan komitmen terhadap tanggungjawab.

3. Kamu diharapkan membantu keluarga angkat kamu selama 30 jam per minggu. Pengaturannya bisa 5 hari x 6 jam atau 6 hari x 5 jam.

4. Mengasuh anak maksudnya, mengantar jemput ke sekolah, menemani bermain, berenang, naik sepeda, mengantar les Musik dsb.

5. Membantu pekerjaan rumahtangga maksudnya mencuci pakaian dengan mesin pencuci pakaian, mencuci piring dengan mesin pencuci piring, membersihkan rumah dengan Vacum Cleaner, menyeterika, memasak makan siang. Memasak tidak berat karena orang Jerman tidak menggunakan bumbu yang banyak.

6. Dalam seminggu, 1-2 x seminggu kamu menjaga anak-anak di malam hari bila orangtua angkat kamu keluar rumah. Tetapi pada saat itu anak-anak sudah tidur, kamu hanya perlu berjaga saja selama orangtua angkat kamu belum pulang. Nanti akan ada pengaturan jam kerja.



No comments: